Banyak pertanyaan yang muncul pada benak karet calon pembeli radio komunikasi yang seia untuk itu gunakan berkomunikasi dalam daerah sekeliling pekerjaan bahkan dalam komunitas yang lain. Setiap orang yang akan membeli radio handy talky atau rig / mobile station / base station mengigaukan jarak cengkaman dari radio yang dengan dibeli diharapkan bisa memetik jarak sejauh mungkin, sementara itu secara teknis dan uraian yang terbilang dalam setiap radio tdk pernah siap yang menyandarkan berapa KM kah jurang jangkauan mesin radio mereka.



Beberapa unsur yang butuh diperhatikan apabila ingin membeli handy talky.

1. Frekwensi range

Di setiap merk dan type handy talky mempunyai range frekwensi yang berbeda-beda, beberapa merk seperti ICOM, ALINCO, KENWOOD memiliki frekwensi yang sama di type yang sama. Contoh: IC V80 frekwensi kerjanya saat 136 - 174 MHz. Berbeda menggunakan Motorola, HYT, Vertex, ketiga merk berikut pada biasanya tidak mengkhususkan type dalam setiap range frekwensinya.

Bahwa range frekwensi antara dua buah motor berbeda pasti kedua mesin tersebut tidak akan bias sama-sama berhubungan seperti Icom IC-V80 dengan GP338 UHF 330 - 380MHz, karena frewensi kerja kedua pesawat berikut tidaklah setara. Untuk tersebut anda mesti mengetahui frekwensi kerja yang akan kau gunakan pra memutuskan dalam membeli handy talky.

Keahlian beberapa pengguna mengatakan, Handy Talky beserta frekwensi VHF apabila dimanfaatkan di tempat terbuka akan lebih suntuk jangkauannya dipadankan pesawat secara frekwensi UHF, tetapi dalam gedung bertingkat pengalaman menyarankan bahwa mesin dengan frekwnsi UHF bias lebih akurat digunakan disamakan pesawat menggunakan frekwensi VHF

2. Power.

Semakin gede power sebuat pesawat pasti akan semakin jauh jangkauannya, walaupun reses jangkauan tersebut sangat ditentukan oleh species antenna yang digunakan & medan pemanfaatan pesawat itu. Pilihlah motor radio yang lebih buntal daya pancarnya karena diperkirakan pesawat radio dengan daya pancar yang kian besar hendak lebih ukuran jangkauannya dibandingkan dengan motor dengan kecakapan pacar lebih kecil.

3. Baterai.

Tersedia beberapa species baterai yang umum dimanfaatkan pada kapal terbang handy talky seperti, Ni Cd, Ni Mh, Li-Ion. Tentunya tindak tanduk setiap jenis baterai itu berbeda-beda, selengkapnya dapat yang baca di dalam artikel cara merawat aki

Yang mengelokkan penting diperhatikan adalah kompetensi setiap baterai ini diartikan sebagai berbeda-beda, semakin besar mutu baterainya hendak semakin lapuk baterai itu bias dikenakan.

4. Jaminan

Pilihlah pesawat handy talky yang bergaransi, rata-rata segala perangkat radio yang dijual dipasaran disertakan juga pada kartu sandar, tetapi sejumlah toko radio komunikasi kadang kala tidak menyetel kartu taruhan ini dikarenakan perangkat mereka tidak terdaftar secara ritualistis di saudagar utama.